Cara Mengetahui Bakat Anak Sejak Dini Agar Potensi Bisa Optimal

Cara Mengetahui Bakat Anak - Anak adalah dambaan bagi setiap orang tua di manapun, anak menjadi kebanggaan orang tuanya. Menemukan bakat anak sejak dini dapat menjadi cara paling efektif untuk mengembangkan kemampuannya menurut apa yang disukai, diminati, dan menjadi bakatnya. Cara mengetahui bakat anak saat ini ada banyak cara, mulai dari cara sendiri di rumah, mengetahuinya melalui ahlinya, dan menggunakan alat untuk melihat bakat anak. 

cara mengetahui bakat anak sejak dini,cara mengetahui bakat anak sejak balita,cara mengetahui bakat anak usia 3 tahun,mengetahui bakat anak melalui sidik jari,cara mengetahui bakat kita,
Jika anak dimasukkan ke dalam les piano tetapi ternyata ia lebih suka menulis, tentu itu tidak akan memaksimalkan potensi anak dalam menulis. Begitu pula sebaliknya. Terkadang orang tua juga memasukkan anaknya ke banyak les, padahal belum tahu apakah anak tersebut enjoy dengan les yang dijalaninya. Jadi cara terbaiknya adalah mengetahui terlebih dahulu minat anak dan bakat anak, baru kemudian dikembangkan dan diasah salah satunya dengan les.

Bakat yang tidak diketahui dan tidak dikembangkan sampai ia dewasa lama-kelamaan juga bisa mati, seperti pisau yang tidak pernah diasah maka tidak bisa dipakai. Ada beberapa bakat anak yang bisa jadi salah satu atau beberapa bakat tersebut dimiliki oleh anak Anda. Bakat-bakat tersebut diantaranya yaitu inteligensi linguistik (kemampuan menggunakan dan mengolah kata), inteligensi matematis-logis (penggunaan bilangan dan logika), inteligensi ruang (menangkap dunia ruang visual) dan inteligensi kinestetik-badani (menggunakan gerak tubuh).

cara mengetahui bakat anak sejak dini,cara mengetahui bakat anak sejak balita,cara mengetahui bakat anak usia 3 tahun,mengetahui bakat anak melalui sidik jari,cara mengetahui bakat kita,
Baca juga : Cara Mengetahui DNS Server Jika Fasilitas Internet Mati
Selain itu, ada juga bakat musikal (mengekspresikan musik), interpersonal (memahami orang lain), intrapersonal (memahami diri sendiri), naturalis (mengerti tentang alam), eksistensial (menjawab persoalan terdalam eksistensi manusia). Cukup beragam memang bakat yang dimiliki oleh anak biasanya.

Langkah-Langkah Cara Mengetahui Bakat Anak

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis bakat anak tersebut, maka selanjutnya mengetes sebagai cara mengetahui bakat anak. Dari beberapa bakat tersebut, bisa jadi satu anak mempunyai kecenderungan beberapa bakat yang lebih tinggi dibanding bakat-bakat lainnya. Car melakukan tesnya diantaranya yaitu:

Membuat jurnal pribadi

Sejak anak kecil, Anda bisa membuat jurnal pribadi menyangkut apa-apa yang disukai anak. Misalnya dengan merangsang keseluruhan bakat tersebut dengan berbagai metode, lalu Anda akan melihat kecenderungan anak untuk ada pada bakat yang mana. Selalu catat perkembangan setiap waktunya, sehingga Anda bisa menyimpulkan bakat anak. Cari tahu apa yang menjadi cita-cita anak, lalu tanyakan pada anak apa yang diketahui dari cita-citanya dan mengapa ia menginginkan cita-cita tersebut.

Mengajak anak ke ahli

Orang yang ahli mengetahui bakat anak dan melakukan assesment biasanya adalah psikolog anak. Anda bisa datang ke sana bersama anak dan suami. Jangan beranggapan bahwa yang berhubungan dengan psikolog adalah orang-orang atau anak-anak yang bermasalah saja, karena kita bisa meminta tes untuk mengetahui bakat anak lalu dari tes tersebut ada assesment kecenderungan anak. 

Itulah beberapa cara mengetahui bakat anak, jadi bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan dengan bantuan ahlinya, atau perpaduan dari dua-duanya. Tetapi Anda juga harus mempunyai pemahaman mengenai bakat-bakat anak sehingga dalam mengembangkannya lebih maksimal. Anda sebagai orang tua adalah mendukung dan memfasilitasi. Ternyata ada lagi caranya yaitu dengan screening sidik jari, Dari sidik jari bisa diketahui bakat anak meskipun tidak seratus persen. Seiring berjalannya waktu Anda akan mengerti yang sebenarnya.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs