4 Cara Mengetahui Madu Asli Secara Mudah dan Tepat

Cara mengetahui madu asli dan madu campuran bisa dilakukan dengan cara yang mudah, tapi sayangnya banyak orang yang tidak mengerti akan hal ini. Madu asli yang dijual di pasaran memang terkadang patut untuk dipertanyakan keasliannya karena banyak madu yang diklaim asli oleh penjualnya mempunyai tekstur yang sangat encer dan manis. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus mengetahui cara untuk membedakan madu yang asli dan madu yang palsu atau madu yang sudah dicampur dengan air ataupun pemanis. Metode atau cara mengetahui madu asli dan madu yang palsu bisa dilakukan dengan banyak cara.

cara mengetahui madu asli atau bukan,cara mengetahui madu asli apa palsu,cara mengetahui madu asli dan campuran,cara mengetahui madu asli dan madu palsu,cara mengetahui madu asli dan tidak asli,
Baca juga : Cara Mengetahui Nama Korea dan Jepang dengan Sistem Penamaan

Berikut Ini Akan Biberikan Cara Untuk Mengetahui Madu Aslimengidentifikasi Keaslian Madu

1. Mencampurkan dengan air
Cara yang paling banyak digunakan untuk menguji keaslian dari madu adalah mencampurkan madu dengan air. Tekstur madu asli sangat kental dan tidak mudah tercampur dengan air sehingga jika dimasukkan ke dalam air maka membutuhkan waktu yang lama untuk mencampurkannya bahkan walaupun sudah diaduk terus menerus tetap tidak bisa tercampur dengan sempurna. Sebaliknya jika madu tersebut palsu maka akan dengan mudahnya tercampur dengan air.
2. Mengetes kelengketan madu
Cara yang kedua ini cukup mudah untuk dipraktekkan karena hanya menggunakan jari tangan untuk melakukan uji coba keaslian dari madu. Tingkat kelengketan dari madu asli dan palsu sangat berbeda. Madu asli jika diletakkan di tangan dan dibiarkan selama kurang lebih 2 menit maka akan sulit dilepaskan dari tangan sekalipun Anda menempelkan pada jari lainnya maka madu tidak akan mudah berpindah ke jari lain. Sedangkan madu palsu akan terasa lengket dan langsung berpindah jika ditempelkan pada jari lain.
3. Mengetes dengan menggunakan pasir
Pasir bisa dijadikan sebagai media untuk mengetahui madu yang asli dan yang palsu. Caranya yaitu dengan meletakkan pasir dalam sebuah piring kemudian teteskan pada pasir madu yang sudah Anda beli. Jika madu tersebut asli, maka madu tidak akan menyebar di atas pasir karena madu mempunyai sifat yang menggumpal. Sedangkan jika madu tersebut palsu maka akan langsung menyebar di atas pasir.
4. Cicipi rasa madu
Madu asli mempunyai rasa manis yang sangat kuat sehingga jika seseorang mengonsumsi madu rasa manisnya akan terasa sangat kuat. Apabila botol madu dibuka selama beberapa saat maka madu akan tetap terasa manis. Sedangkan madu yang palsu mempunyai rasa manis seperti gula dan jika tutup botol dibuka maka rasa manisnya akan berubah tidak seperti sebelum botol dibuka.

Anda bisa menggunakan salah satu cara untuk mengecek apakah madu yang Anda beli asli atau palsu atau sudah dicampur dengan bahan lainnya. Madu memang salah satu bahan alami yang mempunyai banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Jika Anda salah mengonsumsi madu atau mengonsumsi madu yang palsu ada banyak bahaya yang mengintai kesehatan tubuh dan kulit Anda. Maka dari itu, pastikan madu yang Anda beli adalah madu asli dengan menggunakan salah satu cara mengetahui madu asli ini.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs