Cara Mengetahui MAC Address Android dan Laptop

Cara Mengetahui MAC Address di HP Android dan Laptop - MAC Address merupakan singkatan dari Media Access Control Address. MAC ini berupa kode unik yang pasti dipunyai oleh Interface Network yang menggunakan controller ataupun wireless controller. Cara mengetahui MAC address ini bisa dilakukan di hampir semua perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan ethernet. MAC address sering disebut juga dengan Ethernet address atau phycal address karena kode MAC ini biasanya terdapat dalam komponen yang ada dalam HP android ataupun laptop. Physical address atau MAC address ini terdiri dari alamat atau kode unik dengan sistem 48 bit atau 6 byte. Setiap perangkat terhubung pada router tertentu pasti mempunyai kode MAC address ini.

cara mengetahui mac address orang lain,cara mengetahui mac address wifi,cara mengetahui mac address komputer lain,cara mengetahui mac address mikrotik,cara mengetahui mac address android,

Baca juga : 4 Cara Mengetahui Madu Asli Secara Mudah dan Tepat

Cara Mengetahui MAC Address di Laptop

MAC address ini dipunyai setiap device, baik ada dalam sebuah laptop ataupun android. Jadi, setiap device pada laptop dan android mempunyai MAC address berbeda-beda. Walaupun kodenya berbeda-beda, tapi cara mengetahui MAC address di laptop ataupun di android mempunyai cara yang sama. Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya untuk mengecek MAC address di laptop:
1. Bukalah menu run pada windows laptop Anda dengan cara tekan keyboard bergambar window kemudian R lalu ketikkan ‘CMD’ pada kotak dialognya.
2. Ketikkan ipconfig/all setelah muncul kotak dialog CMD, kemudian tekan enter.
3. Secara otomatis semua data mengenai jaringan yang digunakan oleh laptop Anda akan muncul. Anda tinggal melihatnya saja pada bagian physical address. Bisa dilihat bahwa setiap device dalam laptop mempunyai perbedaan MAC address.

Cara Mengetahui MAC Address di Android

Cara mengetahui MAC address di Android tentu saja berbeda dengan cara melihat MAC address di laptop ataupun komputer. Berikut ini cara untuk mengetahui MAC address pada device perangkat android
1. Bukalah pada menu pengaturan lalu bukalah Wifi setelah beberapa saat akan muncul daftar nama Wifi pada perangkat Anda dan jaringan terdekat.
2. Klik atau pilih menu yang ada pada pojok atas kemudian pilih Advance.
3. Pilih pada Advance wifi jika Anda ingin mengetahui MAC address wifi android Anda, telusuri sampai bagian bawah, maka Anda akan menemukan MAC address. Untuk melihat MAC address bluetooth bisa pilih Advance bluetooth lalu akan terlihat keterangan MAC address dari bluetooth Anda.

MAC address pada setiap device mempunyai kode berbeda-beda, tapi tetap mempunyai fungsi sama. Fungsi utama dari MAC address ini adalah untuk mencegah pengguna asing atau pengguna tidak diinginkan mengakses jaringan router nirkabel sudah dibuat. Alamat MAC dimiliki oleh setiap device dalam android ataupun laptop bisa didaftarkan dalam fitur jaringan nirkabel yang sudah dibuat sehingga jaringan nirkabel yg dibuat tidak akan bisa dilihat oleh perangkat lain yg MAC addressnya tidak dikenali atau tidak terdaftar. Maka sangat penting mengetahui bagaimana cara mengetahui MAC address pada android dan laptop untuk membuat jaringan nirkabel yg aman. Ok semoga sukses.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs