Tahapan Cara Membuat Google Form Mudah dan Cepat

Cara Membuat Google Form Mudah dan Cepat - Dewasa ini membuat survey dan kuisioner bukanlah hal yang rumit. Kalau dulu survey harus dibuat diatas kertas dan harus disebarkan secara manual, sekarang semuanya dapat Anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan Google. Dengan kehadiran survey online dari Google ini Anda tidak perlu repot menyebarkan survey degan turun ke jalan-jalan lagi. Bagikan linknya dan minta target Anda mengisinya. Proses ini sangat cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya seperti halnya survey tradisional. Berikut kami akan sampaikan tata cara membuat Google Form.

cara membuat formulir pendaftaran online,cara membuat kuesioner di google form,cara membuat google form 2017,cara melihat hasil google form

Cara yang dilakukan untuk melakukan survey online dengan cara membuat Google Form mudah dan cepat ini hanya memindahkan pertanyaan ke perangkat komputer yang dapat diakses secara online. Apabila Anda ingin membuatnya, pertama pastikan dulu Anda memiliki sebuah akun di Google. Bukalah Google Drive Anda dan masukkan email serta password untuk akun Google Anda. Pada halaman login Anda dapat memilih apakah membiarkan diri agar tetap masuk otomatis (keep me login) atau tidak, sehingga tiap mengakses halaman tersebut Anda perlu login ulang.

Masuk ke Halaman Google Drive

Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman Google Drive dan pilihlah tombol “NEW” di halaman depan. Pada pilihan tersebut pilihlah layanan Google Forms di sub judul terakhir yakni “More”. Setelah itu Anda akan diminta mengisi data-data yang diperlukan dalam cara membuat Google Form. Di sini Anda akan diminta untuk memilih survey seperti apa yang ingin Anda buat, misalnya pilihan ganda, benar atau salah, atau isian. Anda dapat memilih ini dengan bebas. Jangan lupa pula untuk menuliskan judul di bagian atas.
Survey yang Anda buat bisa berupa bentuk polos seperti langkah di atas, tapi juga bisa dikreasikan. Misalnya saja dengan menambahkan beberapa item yang sesuai pada halaman survey tersebut. Anda bisa menambahkn teks, paragraf, gambar, video, skala, kalender, dan lain sebagainya yang akan membuat tampilan survey Anda menjadi lebih menarik untuk dilihat, anti-maistream dan yang pasti juga menyampaikan apa yang And aingin sampaikan dengan lebih gamlang dan lugas. Bagaimana, cara membuat Google Form tidak sulit bukan?

Membuat Pertanyaan Untuk Form

Setelah persiapan awal selesai, langkah berikutnya adalah memasukkan pertanyaan yang Anda harapkan. Untuk setiap butir pertanyaan, Anda dapat memilih apakah akan diatur untuk mode pilihan ganda atau tidak. Misalnya untuk Jenis Kelamin, Anda dapat mengatur agar pilihan yang diizinkan hanya dua yakni Laki-laki dan Perempuan. Setelah selesai, submitlah form Anda. Apabila tombol submit telah dieksekusi, Anda akan diarahkan untuk masuk ke halaman konfirmasi. Di bagian ini Anda dapat melihat form Anda secara keseluruhan dan masih bisa jika melakukan pengeditan lagi.

Nah setelahnya, Anda akan diberikan tiga buah pilihan untuk memastikan bagaimana responden Anda dapat memberikan respons terhadap survey yang Anda lakukan. Pilihan yang pertama adalah untuk membagikan link baru bagi mereka yang ingin memberikan survey lain. Dalam hal ini berarti satu orang atau satu akun bisa memberikan lebih dari satu jawaban. Kedua, mengizinkan dibagikan link kepada khalayak ramai. hal ini berarti survey yang dilakukan tidak terbatas pada kelompok tertentu saja. Pilihan ketiga adalah mengizinkan responden melakukan pengeditan formulir yang dibuat.

Jika Anda sudah yakin dengan formulir Anda pilih “send form” dan dapatkan link URL yang Anda perlu copy paste untuk menyebarkan informasi link tersebut. Demikianlah beberapa langkah cara membuat Google Form yang dapat kami hadirkan untuk Anda. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs