Cara Mengetahui Kode Pos di Seluruh Indonesia dengan Mudah

Cara Mengetahui Kode Pos di Seluruh Indonesia - Kode pos merupakan serangkaian kode unik yang diberikan untuk mengenali sebuah wilayah dalam pengiriman surat. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengetahui kode pos di Indonesia, kita bahas terlebih dahulu apa itu sebenarnya kode pos. Banyak orang yang tidak mengerti arti dari kode pos, karena kebanyakan mereka hanya tahu bahwa kode pos sangat penting untuk diketahui ketika akan mengirimkan surat ataupun paket. Kode pos sendiri merupakan sebuah serangkaian kode yang terdiri dari angka ataupun huruf yang dijadikan sebagai kode khusus untuk satu daerah pengiriman surat atau barang. Negara yang pertama kali menggunakan kode pos ini adalah Jerman kemudian berkembang sampai ke seluruh dunia termasuk di Indonesia.

cara mencari kode pos,info kode pos,cara melihat kode pos,cara mengecek kode pos,kode pos jawa tengah,kode pos jawa timur,kode pos negara indonesia,kode pos jawa barat,
Baca juga : 3 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Penelepon dengan Android
Kode pos tidak hanya mencakup lingkungan dalam negeri saja, akan tetapi hampir seluruh dunia juga mempunyai kode pos masing-masing. Serangkaian kode yang ada dalam kode pos ini tentu saja mempunyai makna yang berbeda-beda setiap digit angka merupakan penanda lokasi dari satu atau gabungan dari beberapa daerah. Pada kesempatan ini, penulis tidak hanya akan membahas bagaimana cara mengetahui kode pos yang ada di Indonesia, melainkan juga membahas makna atau dari angka yang tertera dalam kode pos yang ada di Indonesia.

Makna Setiap Angka Kode Pos Indonesia

Kode pos di Indonesia terdiri dari 5 sampai 6 digit angka yang mempunyai arti sebagai penanda sebuah lokasi atau gabungan dari lokasi yang ada di Indonesia. Agar lebih jelasnya, berikut ini arti dari setiap digit angka yang ada pada kode pos Indonesia:
1. Digit pertama menunjukkan kode provinsi atau gabungan provinsi.
2. Digit kedua dan ketiga merupakan kode dari kota atau kabupaten.
3. Digit keempat adalah kode dari kecamatan atau gabungan kecamatan
4. Digit kelima dan keenam adalah kode dari kelurahan atau desa.

Cara Mengetahui Kode Pos di Indonesia Berdasarkan Kecamatan

Cara mengetahui kode pos setiap daerah yang ada di Indonesia tidak harus mengurutkannya dari kode awal sampai akhir kemudian disusun sehingga menjadi kode pos yang tepat. Sekarang ini Kantor Pos sudah memberikan pelayanan cek kode pos berdasarkan daerah atau kecamatan yang ada di Indonesia. Setiap kecamatan atau gabungan kecamatan di Indonesia, saat ini bisa dicek dengan mudah secara online dengan layanan yang diberikan oleh kantor pos Indonesia. 

Berikut ini cara untuk cek kode pos yang ada di seluruh Indonesia:

1. Kunjungilah situs online Kantor Pos Indonesia kemudian pilih pada menu kode pos Indonesia.
2. Pilih provinsi yang ingin diketahui kode posnya lalu ketikkan nama kelurahan atau nama tempat yang ingin diketahui kode posnya.
3. Pilih cari maka akan muncul kode pos dari kecamatan atau tempat yang ingin Anda ketahui.
Pada zaman dahulu jika kita ingin mengetahui kode pos daerah tertentu harus datang ke Kantor Pos untuk cek kode pos satu persatu. Namun berbeda saat ini, karena kecanggihan teknologi sudah memudahkan kita untuk bisa mengakses informasi kode pos di seluruh Indonesia dengan mudah. Layanan cek kode pos yang diberikan oleh Kantor Pos Indonesia ini bisa diakses selama 24 jam tanpa henti dengan menggunakan komputer ataupun gadget yang sudah tersambung dengan internet. Cara mengetahui kode pos Indonesia yang sangat mudah ini tentu saja menjadikan pelayanan Kantor Pos Indonesia semakin maksimal.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs